Agar tidak membuat bibir hitam ikuti tips memilih lipstik berikut ini

Hampir semua wanita suka menggunakan lipstik. Bahkan lipstik dijadikan salah satu item make up yang menjadi favorit. Tak heran bila banyak wanita yang memiliki banyak koleksi lipstik dengan berbagai warna. Apalagi dengan kepopuleran lipstik matte yang semakin hari semakin meningkat, maka enggak heran kalau para cewek enggak bisa lepas dari yang namanya lipstik.
Agar tidak membuat bibir hitam ikuti tips memilih lipstik berikut ini

Tapi tahukah kalau penggunaan lipstik yang terlalu sering bisa membuat bibir kita menghitam? Pasalnya tidak semua produk pewarna bibir mengandung bahan yang aman untuk bibir.  Apa lagi lipstik yang mempunyai kandungan parafin dan logam berat yang bisa menimbulkan iritasi pada bibir

Biasanya yang membuat bibir hitam itu lipstik yang mengandung bahan kimia, karena ada beberapa lipstik yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan bibir gatal, iritasi, sampai bibir menjadi gosong," ujar dokter estetika medik MP Skin Care, dr. Maharani Prima, saat ditemui media dalam peluncuran Mahana Lip Cream di Jakarta.

Maharani mengatakan cara untuk menghindari bibir hitam adalah dengan memilih lipstik yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin. Selain itu, ada juga perawatan khusus untuk jenis lipstik tertentu. Misalnya lipstik matte yang punya formula tahan lama dan sangat pekat.

Matte lipstick itu kan sifatnya kering di bibir, jadi agar bibir tetap fresh harus dibersihkan dengan lip remover. Selain itu, rawat bibir dengan pakai lip balm sebelum tidur atau sebelum menggunakan lipstik," tegasnya.

Dokter Maharani pun menyarankan sebelum membeli lipstik perlu diperhatikan beberapa hal, misalnya mencium aroma lipstik, bila ada aroma sabun atau zat kimia itu pasti akan kecium meskipun ditutupi parfum. Namun kalau sudah terlanjur digunakan dan mengalami reaksi sensasi panas, sebaiknya bibir langsung dicuci.

Agar tidak memiliki bibir hitam akibat penggunaan lipstik, berikut 5 kebiasaan yang kerap dilakukan dan harus dihentikan.

1. Tidak memakai lip balm sebelumnya

Karena lipstik matte cenderung membuat bibir jadi kering dan pecah-pecah, untuk itu perlu menjaga kelembapan bibir dengan memakai lip balm.

Tetapi harus diingat, jangan menggunakan lip balm sesaat sebelum memakai lipstik matte. Idealnya, pakai di pagi hari atau malam hari sebelum tidur dan beberapa jam sebelum memakai lipstik. Karena kandungan minyak pada lip balm bisa bikin lipstik jadi cepat hilang dan mengelupas.

2. Tidak membersihkan bibir dengan benar

Lipstik matte biasanya lebih susah dibersihkan, untuk itu biasanya harus menggunakan pembersih riasan yang mengandung minyak (oil-based). Jika tidak memiliki pembersih riasan, bisa juga dengan menggunakan baby oil dan minyak zaitun. Pastikan riasan bibir terhapus dengan sempurna.

3. Jarang melakukan eksfoliasi bibir

Sama seperti wajah, bibir juga mengeluarkan sel-sel kulit mati yang membuat bibir kusam dan menghitam. Oleh karena itu, rajin-rajin mengeksfoliasi bibir dengan lip scrub.

Tak hanya bisa dengan membeli produk, lip scrub juga bisa dibuat dengan bahan-bahan rumah. Campur madu dan gula pasir dengan perbandingan 1:1

4. Tergoda lipstik dengan harga murah

Meskipun banyak muncul lipstik matte dengan harga yang lebih murah, tapi harus tetap berhati-hati dengan kandungannya. Jangan sampai bibir jadi alergi setelah memakai lipstik murah tersebut. Pilih juga lipstik matte yang dilengkapi dengan pelembap agar bibir tak kering dan iritasi.

5. Memakai lipstik matte saat bibir lagi kering-keringnya

Jika bibir kering hingga mengelupas, sebaiknya beristirahat dulu dari penggunaan lipstik. Lakukan perawatan seperti memakai lip mask di malam hari supaya bibir jadi lebih lembap.
Agar tidak membuat bibir hitam ikuti tips memilih lipstik berikut ini Agar tidak membuat bibir hitam ikuti tips memilih lipstik berikut ini Reviewed by anton chang on 9:12:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.