Hijab Indonesia, Qatar, Malaysia

Sebagai seorang muslim, perempuan yang berhijab tak ubahnya seperti seseorang yang pandai menjaga hartanya yang paling berharga. Perempuan yang berhijab itu tak cuma terlihat santun, tapi juga cantik secara fisik. Jadi sebenarnya tak perlu takut untuk berhijab, karena tidak akan membatasi kecantikan diri dan juga aktivitas Anda. Itu semua alasan klasik untuk orang yang memang enggan berhijab.
Hijab Indonesia, Qatar, Malaysia
Hijab Malaysia dan Qatar

Jika kita perhatikan perkembangan hijab dunia beberapa negara yang kental dengan nilai-nilai Islami, seperti Malaysia dan Qatar. Di negara-negara ini, secara tak langsung  banyak gaya berhijab muslimah. Dibanding Malaysia dan Qatar, gaya berhijab orang Indonesia lebih modern, cantik, unik, dan berbeda.

Perkembangan yang dimaksud antara lain, mulai adanya keberanian perempuan berhijab untuk memodifikasi penampilannya, memadupadankan hijab dengan busana dengan apik, sampai banyaknya buku tutorial hijab dengan macam-macam gaya yang beredar di pasaran. Hal ini menunjukkan bahwa hijab di Indonesia justru semakin berkembang dan bisa mengikuti tren fashion.

Perkembangan hijab di Malaysia ini masih belum berkembang pesat. Bahkan, di Malaysia ada perempuan yang berhijab namun masih menggunakan baju berlengan pendek seperti kaos oblong. Ini membuktikan bahwa hijab Malaysia memang sangat tertinggal dan nampak ndeso banget.

Sedangkan di Qatar boleh dibilang belum ada perubahan dengan hijab yang dulu. Semua perempuan memakai gamis panjang, hijab lebar, dan bercadar. Semuanya berwarna hitam. Pernah melihat mereka sedang berfoto bersama teman-temannya. Pertanyaannya adalah, bagaimana orang lain bisa mengenali mereka di foto sementara wajah dan pakaian mereka terlihat nyaris sama. Padahal Islam itu tidak hanya hitam. Islam itu tidak membosankan.

Sampai saat ini, banyak perempuan Qatar yang mengagumi gaya berhijab muslimah Indonesia. Mereka menilai bahwa hijab Indonesia lebih berwarna dan lebih cantik. Sebenarnya, gamis panjang dan cadar ini dipakai untuk menghindari cuaca panas yang menyengat dan berdebu. Sedangkan pemilihan warna hitam yang notabene menyerap panas kemungkinan karena tradisi keluarga yang mengharuskan pakai hitam agar tidak terlihat mencolok.
Hijab Indonesia, Qatar, Malaysia Hijab Indonesia, Qatar, Malaysia Reviewed by Anton chang on 10:13:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.