Cara memilih Busana Batik

Baju batik memang pas untuk dikenakan di segala suasana dan untuk semua acara, baik acara resmi maupun acara santai. Namun tetap saja memilih baju batik yang salah akan membuat penampilan Anda kurang menarik.
Tampil Stylish dan Modis dengan Hijab Batik
Kiat Memilih Busana Batik
Keragaman corak, model, warna dari batik membuat kita mengalami sedikit kesulitan untuk memilih karena semuanya mempunyai nilai plus tersendiri. Disamping itu adakalanya modelnya acapkali dianggap tidak mengikuti trend dan mengenakan pakaian batik dianggap kuno dan biasa dikenakan oleh kalangan tertentu untuk beberapa acara penting-penting saja. Namun sejalan dengan perkembangan yang terjadi, busana batik ini dapat digunakan untuk segala kalangan, kesempatan, suasana, baik acara resmi maupun acara santai. Jenis busana batik yang adapun mulai bervariasi dan mengikuti perkembangan fashion pada umumnya. Namun masih banyak orang yang salah dalam hal memilih baju batik yang akan mereka kenakan.

Pemahaman seseorang tentang motif dan bahan batik tersebut masih sangat kurang, jadi banyak yang kecewa setelah baju tersebut dibeli. Kualitas dari bahan baju batik kadang tidak sama satu dengan yang lainnya sehingga kadang kondisi seperti ini terjadi yaitu baru dipakai tiga atau empat kali saja baju tersebut sudah kusam, ada juga baju batik yang kalau dicuci langsung luntur dan merusak baju yang lain pada saat dicuci. Perlu dipahami terlebih dulu kalau busana batik merupakan pakaian yang terbuat dari kain yang telah ditulisi atau dicap dengan gambar-gambar serta motif yang berbeda-beda. Batik di Indonesia dikenal dengan batik berkualitas terbaik dan banyak digemari oleh wisatawan dari luar negeri. Maka dari itu untuk bisa mengenakan busana batik yang pas, berikut ini beberapa kiat dan cara memilih baju batik :
1. Kebutuhan
Apabila Anda ingin membeli suatu barang, sudah barang tentu tahu apa tujuan barang tersebut dibeli. Begitu pula dengan busana batik, sesuaikanlah pilihan dengan kebutuhan Anda membeli baju batik tersebut, apakah akan dikenakan untuk bekerja, santai atau untuk menghadiri pesta. Memilih baju batik sesuai dengan kebutuhan Anda bisa mengurangi biaya pembelian.

Berikut ini tips bagaimana cara memilih baju batik untuk busana kerja :
  • Untuk aktivitas kerja, pastikan Anda memilih desain busana yang simple namun tegas,sehingga tetap terkesan profesional, tetapi jika diperlukan bisa di tambahkan dengan aksen yang terkesan minimalis, seperti kerutan opnaisel, saku, atau tali pinggang.
  • Bila tubuh Anda mungil,pilihlah batik dengan corak motif yang berukuran sedang agar bentuk tubuh Anda lebih terlihat proporsional.
  • Pilihlah batik dalam kombinasi warna gelap atau pastel,dengan bercorak geometris agar penampilan Anda tetap terlihat rapih dan formal.
  • Untuk Anda yang bertubuh besar,pilihlah motif geometris yang berukuran sedang, atau kombinasi motif yang besar dengan motif yang kecil agar sesuai dengan proporsi tubuh Anda.
  • Untuk busana kerja,pilihlah batik yang terbuat dari katun dan tambahkan pelapis dalam (furing) agar jatuhnya pakaian terlihat lebih rapi.

Kalau bingung bagaimana cara memilih baju batik untuk pesta, berikut ini tipsnya:
  • Jika Anda ingin membuat busana pesta atau resmi dari kain batik, Anda bisa menggunakan berbagai jenis motif dan paduan warna. Yang penting, pilihlah warna serta motif batik yang sesuai dengan jenis acara yang akan Anda hadiri (suasana pesta).
  • Untuk acara pesta yang beratmosfer santai atau semiresmi, Anda bisa memilih batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang.
  • Untuk acara pesta yang resmi, batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang.
  • Untuk acara pesta yang resmi, batik bermotif geometris berukuran sedang atau motif-motif klasik, seperti motif Jlamprang dan Truntum dalam sentuhan warna terang atau gelap yang terkesan mewah bisa menjadi pilihan yang tepat.
  • Batik bermotif flora juga bisa Anda pilih untuk menciptakan busana resmi yang terkesan elegan.
  • Buatlah busana untuk pesta (resmi maupun tidak resmi) bermotif batik yang siluetnya simpel namun berdetail cantik dan unik, seperti ikatan pita atau memainkan pola-pola draperi.
  • Untuk busana pesta, Anda bisa memilih batik yang terbuat dari katun, sutra (sutra satin, raw silk, crepe silk) dan tenun ATBM.
2. Kualitas, harga dan Model
Teliti dan cermatlah dalam memilih busana batik, pilihlah kualitas yang terbaik, nyaman digunakan bagi si pemakai dengan perbandingan harga yang tidak murahan. Umumnya harga batik yang terlalu murah biasanya memiliki kualitas rendah berbeda dengan harga batik yang sedikit lebih mahal. Akan tetapi bukan berarti yang hargannya mahal mempunyai kualitas terbaik karena terkadang banyak orang berfikiran kalau harganya mahal itu pasti bagus. Namun Harga murah pun dapat berkualitas prima untuk itulah dibutuhkan ketelitian pada saat ingin membeli baju batik tersebut. Begitu pula halnya dengan memilih model, sesuaikanlah dengan postur tubuh Anda. Kalau yang memiliki postur tubuh langsing, model baju batik apapun akan cocok bila dikenakan. Tetapi bagi yang mempunyai postur tubuh gemuk, sebaiknya memilih baju batik yang memberi kesan lebih langsing dan untuk yang berbadan kurus, pilihlah model busana yang memberikan kesan lebih berisi dan gemuk

3. Motif dan Warnanya
Setelah mencermati model, teliti juga untuk corak atau motif dari baju batik itu. Banyak sekali pilihan corak dan motif dari busana batik saat ini. Pilih yang cocok dengan karakter, selera dan bentuk tubuh. Selain itu, disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai dan corak atau motif-motif yang cocok untuk digunakan disaat bekerja ataukah saat santai. Sebagai contoh pilihlah motif batik yang simple, sederhana yang akan memberikan kesan apa adanya, low profile, lembut bagi si pemakai. Kemudian tahap mencermati warna dari busana batik tersebut yang akan dipakai.Untuk memilih warna baju batik, selaraskan dengan warna kulit Anda, apabila warna kulit Anda adalah putih bisa memilih baju batik dengan warna apa saja, akan tetapi bagi Anda yang berkulit gelap seperti sawo matang, coklat atau hitam maka pilihlah busana batik dengan warna cerah dan yang tidak membuat kulit semakin terkesan tambah hitam

Nah itulah beberapa tips untuk memilih baju batik. Semoga Anda bisa memilih baju batik yang pas untuk kebutuhan Anda.

Cara memilih Busana Batik Cara memilih Busana Batik Reviewed by anton chang on 11:16:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.