Pramugari Berhijab di Maskapai NAM Air. Woow

Jika dilihat dari luar profesi pramugari terkesan menyenangkan dan glamour. Bagaimana tidak? Anda bisa keliling dunia sembari bekerja sehingga tidak mengeluarkan banyak pengeluaran sebagaimana turis lainnya. Lalu, seragam pramugari yang cantik dan eksklusif menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah wanita di dunia.


Bicara soal seragam yang umum dikenakan pramugari, seperti yang kita ketahui bahwa biasanya merupakan padu padan kemeja dan rok pensil ketat serta tak ketinggalan aksesori syal yang ditata di area leher.

Lalu, jika demikian, bagaimanakah dengan wanita muslim yang mengenakan hijab? Apakah mereka memiliki peluang untuk menjadi seorang pramugari tanpa harus meninggalkan tata busana sesuai syariah muslim? Maskapai dari negara-negara timur tengah sekalipun, tak juga memberlakukan seragam yang tertutup untuk para pramugarinya.

Seharusnya Hijab bukan lagi penghalang profesi. Mulai dari polisi wanita, petugas keamanan, atlet olahraga, hingga pramugari banyak yang mengenakan baju serba tertutup saat bertugas. Menjalankan ibadah sambil bekerja.

Baru-baru ini, para polisi wanita muslim di Indonesia mendapat kabar gembira. Mereka yang ingin berhijab kini sudah mendapat izin secara tertulis lewat peraturan Kapolri Nomor : 245/III/2015. Niat untuk menutup aurat bisa terlaksana tanpa harus mengurangi profesionalitas kerja.

Dan untuk profesi pramugari ternyata sudah ada maskapai yang memperbolehkan para awak kabinnya yang wanita muslim untuk berhijab. Maskapai itu adalah NAM Air, sister company dari maskapai yang sudah lebih dulu dikenal, Sriwijaya Air. Ternyata tanpa mengurangi pelayanan dan safety, itu (berhijab) bisa

NAM Air sebagai 'adik' dari Sriwijaya Air mulai terbang sejak tahun 2013. Sejak itu, mereka sudah memperbolehkan para awak kabin wanita untuk berhijab. Di Indonesia hanya NAM Air memiliki pramugari berhijab.

Para pramugari yang ada saat ini tercatat 66 orang. Dari jumlah itu, hampir 30 persen di antaranya memakai hijab saat bertugas. Artinya bisa mencapai 20 orang pramugari yang mengenakan hijab. Satu pesawat berisi 4 pramugari, dan selalu ada yang berhijab di dalamnya.

Respons penumpang terhadap para penumpang berhijab juga cukup baik. Sebagian besar pengguna memberikan apresiasi pada maskapai, sebagian lagi memuji para pramugari, hingga ada yang mengajak berfoto.

Sedikit informasi tentang pakaian hijab para pramugari NAM Air. Warna bajunya didominasi biru muda, senada dengan jilbabnya yang dibiarkan mengembang. Berbeda dengan maskapai pada umumnya yang mengenakan rok, para pramugari NAM Air memakai celana berwarna gelap. Bila sedang di luar pesawat, pramugari memakai blazer berwarna biru tua dan sebuah topi kecil dengan pin NAM Air di atasnya.

Dalam panduan standar keselamatan penerbangan, tidak diatur soal tata cara detail seragam seorang pramugari. Namun pada prinsipnya, seragam itu tidak boleh mengganggu ruang gerak, terutama saat keadaan darurat. Dan hijab tidak mengganggu sama sekali.

Pramugari Berhijab di Maskapai NAM Air. Woow Pramugari Berhijab di Maskapai NAM Air. Woow Reviewed by anton chang on 5:08:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.